Daftar Harga Semen Berbagai Merek

2 min read

Harga Semen
Advertisement

Harga Semen per Sak 2021– Salah satu komponen utama untuk mendirikan suatu bangunan adalah semen, semen menjadi bagian penting dalam proses pembuatan hunian atau infrastruktur lain.

Karena sifatnya yang menjadi komponen utama dalam suatu bangunan atau properti, harga semen sangat berpengaruh terhadap budget dan harga properti setelah selesai dibangun.

Di tahun 2021 ini harga semen relatif stabil dan tidak banyak mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu, stabilnya harga semen ini di karenakan banyaknya relaksasi pembangunan infrastruktur pada tahun ini.

Selain itu semakin mudahnya distribusi semen ke seluruh Indonesia membuat harga semen semakin stabil karena kemudahan akses ke berbagai wilayah.

Jenis Semen

Jenis jenis semen - Daftar Harga Semen Berbagai Merek
Berbagai Jenis semen di Indonesia

Sebagai material bahan bangunan, secara umum semen terdiri dari dua jenis yaitu semen portland (PC) dan semen putih.

Semen portland digunakan sebagai material utama dalam pembuatan tembok, tiang dan pondasi, jenis semen ini biasanya berwarna abu-abu.

Selanjutnya adalah semen putih, seperti namanya, semen ini mempunyai warna putih dan biasanya digunakan untuk keperluan dekorasi atau pelapis akhir dinding sebelum dilakukan pengecatan.

Selain 2 jenis semen tersebut, sebenarnya masih banyak lagi jenis semen lain yang digunakan untuk konstruksi dengan berbagai macam kondisi tanah serta tingkat keasaman atau PH yang tinggi seperti di lahan gambut.

Fungsi Semen

Semen menjadi bahan atau material utama dalam pembuatan sebuah bangunan dikarenakan fungsinya yang sangat penting yaitu sebagai bahan perekat antar material.

Baca Juga :  Harga Semen di Musi Banyuasin Berbagai Merek

Fungsi semen tersebut akan aktif ketika semen di campur dengan air dan atau bahan material lain seperti pasir dan kerikil, setelah campuran semen mengeras maka campuran tersebut akan berubah menjadi beton, mortar atau plesteran.

Harga Semen per Sak Terbaru 2021

Di Indonesia terdapat berbagai jenis semen yang dijual dengan merek yang beraneka ragam, berbagai jenis semen tersebut mempunyai kualitas yang cukup bagus dan harga yang bersaing.

Bagi Anda yang ingin mengetahui harga semen per sak terbaru bulan Oktober 2021 baik untuk mempermudah perencanaan budgeting atau melakukan perbandingan harga, berikut ini kami berikan daftar harga semen berbagai merek yang bisa Anda jadikan referensi.

Beberapa merek yang kami sebutkan dibawah ini seperti semen tigaroda, holcim, semen gresik, semen padang biasanya juga dijadikan acuan oleh merek semen lain untuk menentukan harga.

Merek SemenJenis SemenHarga
Semen Tiga Roda 40kgPortland CementRp. 62.000
Semen Tiga Roda 50kgPortland CementRp. 73.000
Semen Putih Tiga RodaSemen PutihRp. 90.000
Semen Holcim 40kgPortland CementRp. 61.000
Semen Holcim 50kgPortland CementRp. 72.000
Semen Gresik 40kgPortland CementRp. 60.000
Semen Gresik 50kgPortland CementRp. 71.000
Semen Padang 40kgPortland CementRp. 59.000
Semen Padang 50kgPortland CementRp. 70.000
Semen Bosowa 40kgPortland CementRp. 42.000
Semen Bosowa 50kgPortland CementRp. 56.000
Semen Baturaja 50kgPortland CementRp. 58.000
Semen Merah Putih 40kgPortland CementRp. 52.000
Semen Merah Putih 50kgPortland CementRp. 63.000

Tips Memilih Semen Terbaik

Tips memilih semen - Daftar Harga Semen Berbagai Merek
Tips Memilih semen terbaik

Dipasaran terdapat banyak sekali jenis semen yang dijual dan didistribusikan, meskipun hampir semua jenis semen di Indonesia mempunyai kualitas yang bagus, Namun bisa juga Anda mendapatkan kualitas semen yang kurang baik jika tidak memilih dengan cara yang tepat.

Baca Juga :  Harga Cat Tembok di Aceh Timur Berbagai Merek

Berikut ini adalah tips memilih semen agar mendapatkan kualitas terbaik.

1. Pilih Semen yang Usianya Masih Baru

Saat membeli semen, usahakan membeli semen yang usianya masih tergolong baru atau yang belum terlalu lama di simpang digudang.

Usia semen yang Anda beli jangan sampai melebihi 1 bulan saat di simpan di Gudang, Anda bisa mengecek kondisi semen dengan menekannya dari luar kemasan, jika teksturnya masih belum padat kemungkinan usia semen masih baru.

Semakin lama semen di simpan, tentu saja kualitasnya akan semakin menurun.

2. Pastikan Semen Mempunyai Logo SNI

Selanjutnya, dalam memilih semen Anda juga harus memperhatikan Logo SNI atau Standar Nasional Indonesia, Semen dengan Logo SNI sudah teruji dan dijamin kualitasnya sebelum di distribusikan.

3. Pilih Semen dengan Kemasan yang Masih Bagus

Yang terakhir, pastikan Anda memilih semen dengan kemasan yang masih bagus, belum terkoyak serta tidak ada lubang yang menyebabkan udara atau kelembaban masuk kedalam kemasan semen.

Jika kemasan semen sudah rusak, kelembaban atau cairan bisa masuk kedalamnya sehingga semen bisa menjadi lebih keras, menggumpal serta kualitasnya turun sebelum digunakan.

Kesimpulan

Itulah daftar harga semen terbaru Oktober 2021 yang bisa arsiteki.id sajikan untuk Anda sebagai referensi sebelum membeli dan untuk memudahkan dalam menyusun anggaran.

Semoga informasi tentang harga semen serta tips dalam memilih semen terbaik diatas bermanfaat, perlu dipahami bahwa harga diatas bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan serta harga di toko satu dengan yang lain kemungkinan juga bisa berbeda.

Advertisement